Friday, April 16, 2021

Rangkuman Bab 4

 Enrico Reynaldo 8B/22





1. Salah satu bentuk pola adalah pola fraktal yang menggunakan pengulangan dimensi, iterasi, dan pecahan, serta dapat digunakan untuk pola batik.


2. Kita dapat menggunakan Scratch untuk menyelesaikan persoalan lingkaran dan menggambarkan lingkaran dan juringnya menggunakan pergerakan Sprite.


3. Obstacle avoiding robot menggunakan sensor ultrasonik sebagai input serta pergerakan motor sebagai output.


4. Line follower robot dan maze solver robot menggunakan sensor cahaya sebagai input dan pergerakan motor sebagai output.


5. Kita dapat menggunakan Scratch untuk membangun program untuk kalkulator BMI.


6. Persoalan garis singgung lingkaran dapat diselesaikan dengan membangun model komputasional menggunakan Scratch.


7. Ada banyak persoalan dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan berbagai jenis robot.


8. Teknologi yang sangat canggih di jaman sekarang dapat memberikan berbagai keuntungan di dunia, namun bukan artinya tidak memberikan kerugian juga. Salah satu contohnya adalah penggunaan transportasi konvensional menjadi berkurang akibat transportasi online yang lebih pasti harga dan layanannya, serta tempat-tempat seperti mal dan toko menjadi sepi akibat para pembeli pindah ke belanja online. Karena itu, kita harus melatihkan diri untuk berpikir jeli dalam mengamati perkembangan teknologi.


9. Scratch merupakan program atau aplikasi yang sangat bagus untuk digunakan para programmer pemula, yang ingin belajar pemrograman, dan bahkan programmer jago pun. Scratch dapat digunakan dan diaplikasikan pada berbagai macam pemrograman, seperti menghitung luas lingkaran, menggambar lingkaran, menghitung berat badan, dan bahkan memrogram robot.


10. Sesulit-sulitnya sebuah persoalan dalam pemrograman, semua itu dapat diselesaikan dan dipecahkan atas teknik dasar dan pemikiran computational thinking.




Evaluasi Bab 4 Hal 236-240

 Enrico Reynaldo 8B/22


1. Blok perintah berikut yang digunakan untuk menggambar pola berulang adalah .. 


A.if-then


B.Repeat (dengan jumlah tertentu)


C.forever


D. if-then-else


 


2.Variabel atau parameter yang tidak berhubungan dengan rumus menghitung panjang busur sebuah juring adalah.


A. luas lingkaran


B. keliling lingkaran


C. jarijari lingkaran


D. Sudut juring


 


3. Pola yang akan digambar oleh kumpulan blok perintah tesebut adalah


A. lingkaran


B. juring


C. segitiga


D. setengah lingkaran


 


4. Satuan luas bidang yang dibentuk aleh blok perinlah pada gambar tersebut adalah


A. 294


B. 785


C. 18.394


D. 49.062


 


5. Jika ingin rmenambah jarijari lingkaran yang akan digambar oleh blok perintah pada gambar tersebut, angka yang perlu diubah di blok perintah tersebut terdapat pada blok perintah nomor ..


A.(1) dan (4)


B. (1) dan (3)


C. (4)


D. (1)


 


6. Jika ingin menambah luasbidang. angka yang perlu diubah adalah angka yang terdapat pada blok perintah nomor ... 


A. (1) dan (4)


B. (2) dan (4)


C. (1), (2), dan (4)


D. (1), (3), dan (4)


 


7. Pada rebot, sensor berperan sebagal ..


A. perangkat input


B. perangkat output


C. prosesor


D. antarmuka


 


8. Pada line follower bot, yang berperan sebagai perangkat output adalah


A. garis hitam


B. Sensor


C. roda robot


D. tampilan bentuk robot


 


9. Kila dapat mengatur robot untuk mempunyat perilaku tertentu dengan cara ..


A. memberikan sensor memberikan mmotor


B.  membuat motor


C. Membuat program yang sesuai


D. semua jawaban salah


 


10. Sensor ultrasonik digunakan pada robot yang diprogram untuk menjadi


A. line follower robot


B. robot lengan


C. obstacle avoiding robot


D. robot yang berperan sebagai teman


 


11. Pernyataan berikut yang ticak benar tentang lirve follower robot adalah


A. Jika sensor di atas garis hitam, robot diperintahkan maju


B. Jika sensor kanan di atas garis hitam dan sensor kiri berada di garis putih, robot terlalu ke kiri.


C. Jika sensor kiri di atas qaris hitam dan sensor kanan berada di atas garis putih, robot diperintahkan belok ke kiri


D.Jika sensor kanan di atas garis hitam dan sensor kiri berada di atas garis putih robot diperintahkan belok ke kiri


 


12. Banyaknya kemungkinan nilai yang dikembalikan oleh sensor follower robot dengan sumber cahaya adalah


A. 2


B. 3


C. 4


D. 6


 


13. Jika kita membuat line foliower robot dengan sensor yang terdiri atas empat sumber cahay yang ditempatkan dalam bentuk bujur sangkar dengan setiap sumber cahaya ada di setiap sudut Banyaknya kemungkinan nilai yang dikembalikan oleh sensor tersebut adalah


A. 4


B. 8


C.12


D. 16


 


14. Pernyataan berikut yang tidak benar adalah


A. Sensor cahaya dapat digunakan unituk memperkirakan jarak.


B. Sensor ultrasonik dapat digunakan pada obstacle avoiding robot. 


C. Sensor dapat digunakan pada line follower robot.


D. ultrasonik tidak Sunsor ultrasonik dapat digunakan unituk memperkirakan jarak.


 


15. Penyataan berikut yang tidak benar tentang maze solver robot dengan sensor cahaya dua sumber cahaya adalah...


A. Hanya mempunyai tiga jenis gerakan.


B. Selalu mengutamakan gerakan belok ke kiri.


C. Belok kanan akan dilakukan jika kedua sumber cahaya ada di atas bidang putih.


D. Belok kanan akan dilakukan jika sensor kanan ada di garis hitarn dan sensor kiri atas garis putih


 


16. Pada maze solver robot yang memiliki sensor cahaya dengan dua sumber cahaya, jika kedua sumber cahaya ada di atas garis hitam..


A. robot berbelok kiri karena kemungkinan persimpangan ke kiri


B. Robot turus berjalan lurus


C. Robot sudah pasti ada di persimpangan


D. tidak ada jawaban yang benar


 


17. Pernyataan berikut yang tidak benar pada program menghitung dan menggambar garis singgung dua lingkaran adalah


A. Panjang jari-jari lingkaran dan jarak pusat dua lingkaran tidak boleh lebih besar dari stage.


B. Gambar tersebut dibuat dengan cara menggerakkan sprite sesuai jarak dan arah yang diinginkan


C. Warna garis diatur dengan mengatur ukuran pen.


D. Warna garns dapat dibuat berganti-ganti.


 


18. Pada program menghitung dan menggambar garis singgung dua lingkaran, blok perintah Pen Up digunakan ketika ingin... 


A. mengganti warna garis 


B. memindahkan sprite tanpa harus menggambarkan sesuatu 


C. memulai menggambar garis


D. menggambar lingkaran


 


19. Pada program menghitung dan menggambar garis singgung dua lingkaran, garis singgung lingkaran digambar dengan cara


A. menghubungkan dua titik di dua lingkaran


B. menghubungkan dua jari- jari lingkaran yang tegak lurus dengan garis singgung


C. menggerakkan sprite pada arah sudut yang sesuai dengan sepanjang garis singgung yang nilainya sudah dihitung


D. menggerakkan sprite pada arah tegak lurus dengan jari- jari lingkaran pertama sejauh jarak yang sama dengan panjang garis singgung dua lingkaran


 


20. Pada program menghitung dan rmenggambar garis singgung dua lingkaran, berikut yang dilakukan saat menggambar garis. dua singgung lingkaran.


(1) jari-jari lingkaran 1


(2) jari-jari lingkaran 2


(3) garis singgung


Urutan yang benar adalah... 


A. (1)- (1)- (2) - (2) - (3) - (3)


B. (1) - (2) - (3) - (1)- (2) - (3)


C. (1)- (2) - (3) - (3) - (2) - (1)


D. (1)- (3) - (2) – (2) (3) - (1)


 


21. Robot berikut yang mutlak memerlukan teknolagi computer vision adalah


A. robot pemetik jeruk


B. robot pemilah paket


C. robot untuk mermasak 


D. tidak ada jawaban yang benar


 


22. Perhatikan sensor berikut.


(1) Timer


(2) Sensor suhu


(3) Sensor posisi


(4) Sensor cahaya


(5) Sensor ultrasonik


Jika ingin membangun robot untuk memasak, sensor yang diperlukan ditunjukkan oleh nomor


 A. (1). (2), dan (3)


B. (1), (2), dan (4)


C. (1), (2), dan (5)


D. (1), (2), (3), (4), dan (5)


 


23. Jika kamu ingin membangun robot yang berfungsi sebagai teman yang dapat diajak bercerita, teknologi yang mutlak diperlukan oleh robot tersebut adalah


A. 5G


B. machine learning


C. computer vision


D. NLP


 


24. Pernyataan berikut yang tidak benar tentang sage automation gantry robot adalah.


A. Harus terhubung ke basis data yang menyimpan posisi setiap kontainer.


B. Dilengkapi motor yang kuat untuk mengangkat beban dengan berat yang ekstrem.


C. Harus dilengkapi dengan koneksi bandwidth yang besar.


D. Mampu memperkirakan jalan pergerakan yang paling efisien


 


25. Robot Ecrobotix yang digunakan untuk mengidentifikasi hama di tanaman, seharusnya tidak..


A. mempunyai sensor suhu


B. mempunyai sensor kelem- bapan udara


C. mempunyai sensor gerak


D. mengenali jenis mampu penyakit tanaman


 


26. Robot Agrobot yang digunakan stroberi memetik untuk seharusnya dilengkapi dengan kemampuan.


A. dapat membedakan buah yang matang dan mentah


B. mempunyai bagian lengan yang dapat bergerak secara presisi


C. mempunyai untuk mengangkat beban dengan berat ekstrim


D. dapat bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain 


 


27. Perhatikan beberapa kemampuan robot berikut.


(1) Dapat menerima perintah suara


(2) Dapat berbicara


(3) Dapat mermbedakan suara pemilik dengan orang lain


(4) Terkoneksi ke internet


Kemampuan yang harus dimiliki robot yang berperan sebagai asisten pribadi ditunjukkan oleh nomor


A. (1) dan (2)


B. (1), (2), dan (3)


C. (1), (2), dan (4) 


D. (1), (2), (3), dan (4)


 


28. Pada robot untuk keamanan. beberapa alasan mengapa robot perlu dilengkapi dengan kamera adalah


A. untuk merekam tindakan kejahatan yang mungkin terjadi


B. untuk mengenali jika ada tersangka kriminal yang ditemukan


C. untuk membedakan objek- objek yang ada di sekeliling


D. semua jawaban benar


 


29. Pada robot untuk keamanan, kemampuan yang tidak perlu diberikan adalah


A.mendeteksi adanya aksi kriminal


B. menghubungi polisi


C. mencegah tindakan kriminal


D. semua jawaban benar


 


30. Berikut beberapa kemampuan yang perlu diberikan kepada robat. 


(1) Mengetahui posisi setiop barang


(2) Bergerak dari satu tempat ke tempat lain


(3) Dapat berbicara


(4) Dapat mengambil mengangkat barang


(5) Dapat terhubung pada internet


Pada order picking robot, kemampuan yang perlu diberikan pada robot tersebut ditunjukkan oleh nomor


A. (1), (2), dan (4)


B. (1), (2), 3), dan (4)


C. (1). (2), (3), dan (5)


D. (1), (2). (4), dan (5)


 


ESSAI


 


1.    Jelaskan cara kerja sensor cahaya...


 prinsip kerja dari alat ini adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron


 


2.    Jelaskan cara kerja sensor ultrasonik...


sinyal dipancarkan oleh Pancaran Ultrasonik dengan frekuensi tertentu dan dengan durasi waktu tertentu. Setelah gelombang pantulan sampai di alat penerima, maka sinyal tersebut akan diproses untuk menghitung jarak benda tersebut


 


3.    Mengapa kita menggunakan respons yang berbeda pada posisi sensor cahaya yang terdapat pada line follower robot dan maze solver robot?  

karena Robot line follower analog terdiri dari rangkaian analog    dalam melacak dan membaca sebuah garis. permasalahan yang dijadikan dasar dalam penelitian ini yaitu pada robot line follower analog hanya terdiri dari rangkaian analog untuk melacak garis serta tidak dapat diprogram, karena robot line follower analog tidak dilengkapi dengan mikrokontroller. Sedangkan, Line maze solving robot adalah suatu robot yang digunakan untuk menyelesaikan suatu labirin garis (Vannoy, 2009). Line maze solving robot dirancang dari line follower robot dan micro mouse.


 


4.    Pada robot yang digunakan untuk membersihkan lantai, apa sajakah yang dapat dianggap sebagai output dari robot tersebut?


 roda bagian pembersih dan Sensor 


 


5.    Menurut kamu, apakah kelebihan dan kekurangan antara menggunakan robot dan manusia untuk memilah paket?


 Robot menggunakan logika dan mematuhi dan sesuai dengan program yang ditulis. Sedangkan manusia dapat memilah dengan hati-hati dan perasaan


 


6.    Jelaskan kelemahan dan kelebihan yang mungkin ada antara kitchen robot dibandingkan dengan koki biasa?


 Kelebihan : robot dapat mengikuti resep dengan persisi dan sesuai dan mengikuti semua di resep dengan baik


Kekurangan : robot tidak dapat mencicipi makanan dan merasakan makanan


 


7.    Jika harus menerapkan teknologi robot, robot seperti apa yang paling cocok bagi orang kebanyakan di daerah kamu? Jelaskan alasannya.


robot pengirim paket, karena dimasa pandemi Covid-19 ini banyak sekali orang yang jual beli dari online shop dan paket kurir harus mengirim paket tersebut, maka dari itu lebih efektif ketika paket kita dikirim oleh robot.


8.    Mengacu kepada jawaban soal nomor 7, jika diterapkan, apakah manfaat yang akan diperoleh penggunanya?


manfaatnya adalah lebih sedikit terjadinya interaksi dan bisa mengurangi penyebaran covid ini       


9.    Mengacu kepada soal nomor 7, dampak negatif apa yang mungkin muncul di tengah masyarakat jika robot robot tersebut digunakan?


Jawaban: dampaknya adalah banyaknya orang yang diganti oleh robot yang menyebabkan mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka masing”


10.  Manakah teknologi berikut yang paling penting digunakan pada robot Machine learning, computer vision, atau NLP?

Computer vision. Karena, computer vision telah mengembangkan beberapa hal dan memiliki persisi dalam mengidentifikasikan gambar dan benda


PENGALAMAN KEGIATAN ISRA' MI'RAJ

    


Kegiatan Isra Mi'raj ini dilakukan di sekolah SMP Labschool Jakarta. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat tanggal 19 Maret 2021. Lebih tepatnya di SMP Labschool Jakarta. Acara ini diikuti oleh 3 angkatan sekaligus. Kami melaksanakan nya melalui zoom meeting.

Jadi, kami absen terlebih dahulu di elabscloud, kemudian masuk ke Zoom meeting yang sudah diberikan. Tak lama kemudian, kegiatan pun dimulai dengan pembukaan dari MC dan pembacaan ayat sucu Al-qur’an yang dibawakan oleh siswa dari rohis. Setelah pembacaan ayat suci Al-qur’an selesai, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua POMG, kepala sekolah, dan juga BPS SMP Labschool Jakarta. Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan hiburan dari salah satu siswi kelas 7.

Setelah hiburan selesai, masuklah ke inti acara. Pada inti acara ini, SMP Labschool Jakarta mengundang Ustad Usaid Fatahurrahman untuk memberikan ceramah. Beliau memberikan pengetahuannya tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam menuju ke langit ke tujuh atau yang disebut juga Isra Mi’raj. kegiatan ini diakhiri dengan do’a dan penutupan oleh MC. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan Isra Mi’raj ini. Kami menjadi lebih tau mengenai perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ke tujuh. Tidak hanya itu, masih banyak lagi pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah tersebut.

 


Kolaborasi Masyarakat Digital

 PENGERTIAN 



 Jadi, Kolaborasi adalah kerjasama yang dilakukan oleh 2 atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama. kolaborasi dalam masyarakat digital yaitu platform kolaborasi online yang memudahkan penggunanya dalam berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari dari manapun dengan mudah, nyaman, dan aman. Kolaborasi harus didasarkan pada usaha agar mencapai tujuan bersama.


JENIS


 kolaborasi dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan cara pembentukan dan tujuan kolaborasi, dan berdasarkan metode atau perangkat. 


JENIS BERDASARKAN PEMBENTUKAN DAN TUJUAN


Jenis kolaborasi berdasarkan cara pembentukan dan tujuan kolaborasi dibagi menjadi 3, yaitu kolaborasi tim, kolaborasi komunitas, dan kolaborasi jaringan. Kolaborasi tim adalah kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja dengan masing-masing anggota tim mrmpunyai tugas batasan waktu dan tujuan yang sudah dinyatakan secara jelas. Untuk mencapai tujuan bersama, masing-masing tim harus menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan pada batasan waktu tertentu. Kolaborasi komunitas adalah kolaborasi yang dilakukan karena adanya kesamaan minat  dan ketertarikan dari anggota komunitas. Kolaborasi ini biasanya dilakukan untuk mengembangkan bidang yang menjadi ketertarikan bersama dan tidak untuk menjual komersil. Kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan utama berbagi informasi dan pengetahuan untuk pembelajaran, bukan untuk menyelesaikan proyek tertentu. Komunitas dibangun  untuk memberikan solusi pada permasalahan dari anggota-anggota komunitas yang ada. Kolaborasi jaringan adalah kolaborasi yang dibangun karena adanya hubungan atau ikatan yang sudah dibangun terlebih dahulu. Jaringan tersebut dibangun berdasarkan dengan berbagai ikatan tertentu seperti hubungan kerja, sahabat, kolega, teman sekolah, keluarga, atau kesamaan kepentingan. Dalam organisasi bisnis, kolaborasi jaringan sering dilakukan oleh organisasi-organisasi yang berada dalam satu industri.


JENIS BERDASARKAN METODE 


 Jenis kolaborasi berdasarkan metode atau perangkat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu kolaborasi sederhana, kolaborasi dokumen, dan kolaborasi terstruktur. Kolaborasi sederhana biasanya dilakukan dalam bentuk dialog, pemberian pesan, dan memberikan umpan balik terhadap pekerjaan, kolaborasi ini dapat dilakukan dengan media komunikasi, seperti aplikasi messenger, email, chatting, dan video conference. Kolaborasi dokumen adalah kolaborasi yang dilakukan untuk menghasilkan dokumen dari hasil kerjasama. Kolaborasi tersruktur mempunyai aturan, prosedur, dan batasan yang harus diperhatikan oleh pihak-pihak yang terlibat. Penerapan yang diberikan oleh masing-masing pihak diberikan dalam format yang memenuhi prosedur, aturan, dan batasan yang sudah ditentukan.


CONTOH


  Contoh-contoh dari kolaborasi dalam masyarakat digital dalam sehari-hari, yaitu email, Whatsapp, Twitter, Line, Instagram dan lain-lain. Sekian blog tentang kolaborasi dalam masyarakat sehari-hari. 

Wednesday, March 17, 2021

Tugas Bahasa Indonesia Membuat Ulasan Film Pendek

Muhammad Enrico Reynaldo Fitranda 8B/22


Identitas Film

Judul Film : The Present

Produser : Anna Matacz

Sutradara : Jacob Frey

Pemeran : Quinn Nealy, Sam Brown

Rumah Produksi : FILM AKADEMIE BADEN-WUTTENBERG di Ludswidsburg, Jerman.


Sinematografi

 Jalan Cerita : Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang berkebutuhan khusus sedang bermain game ketika ibunya datang membawa box. Ibu pemuda tersebut membawakan hadiah untuk pemuda berkebutuhan khusus itu, saat mau membuka kadonya tiba-tiba keluar seeker anak anjing yang lucu dari box yang dibawakan sang ibu. Sang pemuda tersebut terlihat senang ketika melihat anak anjing tersebut, namun setelah memperhatikan lagi anak anjing tersebut yang kehilangan satu kakinya, sang pemuda menjadi tidak suka dan melanjutkan bermain gamenya. Tapi anak anjing tersebut masih mau bermain dengan sang pemuda itu, lama kelamaan sang pemuda tersebut juga penasaran dan akhirnya mau bermain dengan anak anjingnya di luar rumah.

Kualitas Gambar : Sangat bagus, halus, dan tidak pecah.

Kualitas Suara : Volume yang stabil, efek suara yang tidak berlebihan, dan komposisi musik yang cocok dengan situasi di film tersebut.

Tuesday, March 16, 2021

Gempa Bumi

 Muhammad Enrico Reynaldo 8B/22


Gempa Bumi adalah suatu fenomena alam dimana terjadinya getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi terjadi karena biasanya terjadi pergesekan antara dua lempeng bumi.

Penyebab :

Biasanya gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan dua lempeng yang saling bergesek satu sama lain di perbatasan lempengan-lempengan tersebut. Selain itu, adapun juga penyebab terjadi gempa bumi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi.


Akibat :

Akibat dari gempa bumi tergantung dari seberapa besar skala gempa bumi tersebut, jika skala gempa buminya berada di bawah 5 biasanya akan terasa dikit atau tidak terasa sama sekali. Gempa bumi berskala diatas 5 sudah termasuk yang membahayakan karena getarannya yang lebih kuat yang dapat menyebabkan kerusakan yang besar.

Wednesday, February 3, 2021

Komputasional Thinking

Enrico Reynaldo 8B/22


 1. Istilah Teknik Berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah ….


A.    Computational Thinking


B.    Computational Technic


C.   Technic Computational


D.   Computer Thinking




2. Istilah pendekatan yang memecah masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami adalah ….




A.    dekomposisi


B.    abstraksi


C.   pengenalan pola


D.   perancangan algoritma


 




3.     Dalam berfikir komputasional,kita dituntut untuk mencari kesamaan masalah,solusi menjadi sederhana, masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….




A.    dekomposisi


B.    abstraksi


C.   pengenalan pola


D.   perancangan algoritma


 




4.     Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berfikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….




A.    dekomposisi


B.    abstraksi


C.   pengenalan pola


D.   perancangan algoritma


 




5.     Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan ….




A.    dekomposisi


B.    abstraksi


C.   pengenalan pola


D.   algoritma


 


 


 




6.     Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah




A.   dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh


B.   dokter memberikan resep obat kepada pasien


C.   dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya


D.   dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien


 




7.     Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah….




A.    pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan


B.    tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya


C.   ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak  sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik


D.   BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami


 




8.     Berikut yang berhubungan dengan abstraksi adalah….




A.    mencari kesamaan bentuk benda


B.    memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian


C.   menyusun langkah yang efisien


D.   fokus pada informasi yang penting


 




9.  Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada ada pemain apa saja yang harus dilakukan terhadap pemain lawan,  Kapan Saatnya  Bertahan dan menyerang saat pertandingan.  hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ….




A.    dekomposisi


B.    pengenalan pola


C.   algoritma


D.   abstraksi


 




10. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya.  tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses




A.    dekomposisi


B.    pengenalan pola


C.   algoritma


D.   abstraksi




11. Berikut yang tidak dikategorikan sebagai hasil dari proses algoritma adalah 




A.     tutorial make up


B.     resep makanan


C.    an lembaran panduan  merakit PC


D.    resep obat dokter


 




12.  Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan oleh ….




A.    Seymour Papert


B.    Bill Gates


C.   Licklider


D.   Donal Trumph


 




13. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ….




A.    1980


B.    1990


C.   2000


D.   2010


 




14. Dalam pendidikan berpikir komputasional dikenal istilah STEM , apakah kepanjangan dari STEM….




A.    Science, Technology, Engineering, dan Matematika


B.    Science, Technology, Elektonic, dan Matematika


C.    Science, Technology, Engineering, dan Methode


D.    Schology, Technology, Engineering, dan Methode




Essay:


1.  Jelaskan yang apakah dimaksud dengan berpikir komputasional !


2.  Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposisi !


3.  Jelaskan yang dimaksud dengan abstraksi!


4.  Jelaskan yang dimaksud dengan pengenalan pola !


5.  Jelaskan yang dimaksud dengan perancangan algoritma !




Jawab:


1. Berpikir Komputasional adalah metode penyelesaian persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer


2. memecah suatu masalah yang kompleks menjadi masalah masalah kecil untuk diselesaikan


3. poses red presentasi data dalam program dalam bentuk sama dengan pengertian nya, dengan menyembunyikan rincian atau detail implementasi


4. Merupakan bidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data data


5.  Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step by step, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama 

Rangkuman Bab 4

 Enrico Reynaldo 8B/22 1. Salah satu bentuk pola adalah pola fraktal yang menggunakan pengulangan dimensi, iterasi, dan pecahan, serta dapat...